Saturday, December 10, 2011

Award Konstitusi Untuk Guru

Mahkamah Konstitusi bekerjasama dengan Kemendiknas serta Kemenag menganugerahkan Award Konstitusi bagi sejumlah guru. Kegiatan tersebut dimaksudkan untuk mempertebal kesadaran generasi akan konstitusi melalui kiprah guru-guru tersebut.  Diharapkan baik guru-guru yang terpilih menerima award ataupun finalis akan membangun kesadaran berkonstitusi di sekolah masing-masing. 
Ketua MK Mahfud Md mengingatkan pentingnya Pancasila sebagai ideologi dasar negara. Lima dasar negara itu, kata Mahfud, secara tidak langsung telah menjadi perwujudan bangsa Indonesia.
Pemberian “Anugerah Konstitusi bagi Guru PKn Terbaik Nasional 2010” diputuskan berdasarkan penilaian Dewan Juri yang terdiri atas Prof. Dr. Saldi Isra, Prof. Dr. Yuliandri, Dr. Kurniawarman, Dr. Zainal Arifin Mochtar, Dr. Ni’matulhuda SH.MH., Dr. Marwanmas SH.MH., Iwan Satriawan SH.MH., Winarno Yudo SH.MH., Dr. I Gusti Ayu Ketut Rahmi Handayani SH.MH, Dra. Endang Rohayati MM, Dr. M. Jafar Msi, Dr. Unifah Rosidi M.Pd., Drs. Kidup Supriyadi M.Pd., Drs. H. Unang Rahmat MA, serta Dr. Ainur Rofiq.
 Rangkaian kegiatan Penilaian dimulai dengan ujian tertulis untuk memilih siapa diantara para guru PKn yang layak menerima Anugerah Konstitusi Tingkat Nasional 2010. Ujian tertulis ini dilakukan oleh para peserta selaku guru PKn, yang bertujuan untuk mengetahui sejauh mana penguasaan konstitusi dari masing-masing peserta.
Kemudian dirangakai dengan presentasi oleh para peserta. Dalam presentasi itu, ada hal-hal yang menjadi kriteria penilaian juri, antara lain aspek penguasaan materi dan artikulasi gagasan, penampilan, penggunaan bahasa Indonesia yang baik dan benar, dan lain sebagainya.
Sejumlah peserta yang beruntung tersebut adalah Mereka adalah Barjo Hanugroho guru PKN SMAN 1 Purwantoro, Jawa Tengah, Lusia Erni Fernandez dari SMA 3 Kupang, dan Aminah dari SMA 1 Padang, Sumatra Barat.

Dari tingkat SMP, para pemenang adalah Eko Winarno dari SMP 7 Tegal, Jawa Tengah, Virene Pramuduaningrum dari SMP Stella Matutina, Jawa Tengah, dan Ira Kristina dari MTsN 1 Malang, Jawa Timur.

Sedangkan di tingkat SD, penghargaan diraih Sucandi dari SDN Kebon Sari 01, Jawa Timur, Lilik Fatkhi dari Diniyah MIN Al Iman, Magelang, Jawa Tengah, dan Fauziah dari MIN Sei Agul, Medan, Sumatra Utara.


No comments:

Post a Comment