Friday, December 16, 2011

Contoh RPP

Identitas

Nama Guru
:
Muh. Anang Nurkholis, S.S
Sekolah
:
Sekolah Alam dan Sains Al-Jannah
Tema/Bidang Studi/Tematik Studi
:
Bahasa Indonesia
Kelas/Semester
:
I / II
Pekan/Tanggal

V (1 – 5 Februari 2010)

Silabus

Judul   
:
Makan di Restoran
Materi 
:
Suka dan tidak suka
Kompetensi Dasar
:
6.3 Menyampaikan rasa suka atau tidak suka  tentang suatu hal atau kegiatan dengan alasan sederhana
Hasil Belajar
:
Siswa mampu menyampaikan rasa suka maupun tidak suka tentang suatu hal atau kegiatan dengan alasan sederhana
Indikator Hasil Belajar
:
1. Siswa mampu mengungkapkan perasaan suka dan  tidak suka tentang suatu hal dalam sebuah kalimat.
2. Siswa mampu memberikan alasan mengapa suatu hal atau kegiatan disukai atau tidak disukai.
3. Siswa mampu membuat daftar hal-hal yang disukai dan tidak disukai.
4. Siswa mampu membedakan keadaan yang membuat suka dan tidak suka.
Alokasi Waktu
:
2 x pertemuan @ 3 JP
Integrasi Akhlak mulia
:
1.Engkau tidak akan mendapatkan kebaikan sehingga engkau menginfakkan sesuatu dari apa yang kamu sukai. (QS. Ali-Imron:      )
2.Mencintai/menyukai sesuatu harus juga bersedia memelihara dan menjaganya.

Aktivitas

Pertemuan 1
Alpha Zone
Salam pembuka/Musik/Menyanyi/Cerita Lucu/Ice Breaking/Brain Gym
Ice Breaking "Benar atau Salah "
Guru terlebih dahulu bercerita tentang Pak Dokanak (buku paket di halaman lampiran). Setelah selesai, siswa diminta menyebutkan makanan kesukaan pak dokanak.
Guru memberikan pernyataan, jika benar siswa harus menuju blok benar dan jika salah siswa harus menuju blok salah. Siswa yang paling terakhir bertahan adalah pemenangnya.

Scene Setting
­    Makan di restoran
Akan ada pesta ulang tahun salah satu siswa Sekolah Alam dan Sains Al-Jannah. Pada hari ulang tahun itu nanti, siswa-siswi kelas satu akan ditraktir makan di restoran. Kalian tentunya bingung memilih menu makanan yang akan dipesan, karena banyak menu tersedia di restoran. Sampaikan rasa suka dan tidak suka sesuai keinginanmu! Jangan lupa ungkapkan alasanmu juga, yah!

Strategi
Simulasi, menulis
­    Siswa mensimulasikan keadaan di restoran.
­    Siswa membuat kalimat secara lisan tentang hal-hal yang disukai dan tidak disukainya beserta alasannya.
­    Siswa maembuat kalimat secara tertulis tentang hal-hal yang disukai dan tidak disukainya beserta alasannya.

Prosedur Aktivitas
Simulasi makan di restoran
­    Siswa mensimulasikan berada di restoran. Siswa duduk berkelompok sesuai dengan meja yang ditempatinya. Diatas masing-masing meja diletakkan lembaran menu makanan yang tersedia sesuai makanan yang tersedia di kelas yang dikumpulkan siswa.
Guru berperan sebagai pelayan restoran menawarkan menu makanan yang terrsedia di restoran kepada siswa. Siswa memesan makanan di restoran dengan menyebutkan makanan yang disukai beserta alasannya.
Contoh:
Saya suka sayur bayam karena membuat badan sehat dan kuat.
­    Siswa memakan makanan di meja yang sudak dipesan dan diminta juga mencicipi makan yang dipesan oleh temannya.
­    Setelah makan siswa menyebutkan  makanan yang disukai dan tidak disukainya dan memberikan alasannya.
Contoh:
Saya suka sayur bayam karena membuat badan sehat dan kuat.
Saya tidak suka udang karena saya alergi udang
Menulis
­    Siswa menulis hal-hal yang disukai dan tidak disukai di buku tulis, 5 kalimat yang menyatakan rasa suka beserta alasannya dan 5 kalimat yang menyatakan rasa tidak suka beserta alasannya.

Multiple Intelligence Approach
Linguistik, spasial visual, intrapersonal, interpersonal

Project:
-

Pertemuan 2
Alpha Zone
Salam pembuka/Musik/Menyanyi/Cerita Lucu/Ice breaking/Brain Gym
Ice Breaking “Benar dan Salah tentang Pak Dokanak”

Warmer
­    Mengingat kembali tentang materi sebelumnya
­    Membuat kalimat yang menyatakan rasa suka dan tidak suka

Strategi
Exercise
­    Siswa mendata hal-hal yang disukainya.
­    Siswa membuat gambar hal-hal yang disukai atau yang tidak disukainya beserta cerita tentang gambar tersebut

Prosedur Aktivitas
Exercise I : Pendataan
­    Guru memberikan lembar kerja kepada siswa: siswa mendata hal-hal yang disukainya dan hal-hal yang tidak disukainya beserta alasannya. Mencakup makanan dan minuman, binatang dan kegiatan.
Exercise 2 : Menggambar dan mengarang
­    Siswa membuat gambar hal-hal yang disukai atau yang tidak disukainya beserta cerita tentang gambar tersebut.

Multiple Intelligence Approach
Linguistik, spasial visual, kinestetik, intrapersonal, interpersonal.

Teaching Aids
­    Makanan/Snack
­    Menu makanan
­    Remanent marker
­    Alat tulis
­    Worksheet

Sumber  Belajar
­    Buku Ajar

Penilaian
Aktivitas yang dinilai

No
Aktivitas
Ranah Penilaian
Dinilai/Tidak
1
Siswa membuat kalimat yang menyatakan rasa suka dan tidak suka beserta alasannya secara lisan
Psikomotorik
Dinilai
2
Siswa membuat kalimat yang menyatakan rasa suka dan tidak suka beserta alasannya secara tertulis
Kognitif
Dinilai
3
Siswa mendata hal-hal yang disukai dan tidak disukainya
Kognitif
Dinilai
4
Siswa menggambar hal-hal yang disukai atau yang tidak disukai beserta ceritanya
Psikomotorik
Dinilai



Rubrik Penilaian Membuat Kalimat Secara Lisan
Nilai
Sangat baik=90
Baik= 80
Cukup=75
Kurang=70
Kriteria
Berani dan menyatakan rasa suka dan tidak suka tanpa bantuan
Berani dan menyatakan rasa suka dan tidak suka dengan terbata-bata tanpa bantuan guru
Berani dan menyatakan rasa suka dan tidak suka dengan bantuan guru
Tidak berani menyatakan rasa suka dan tidak suka

Rubrik Penilaian Membuat Kalimat Secara Tertulis
Nilai
100
90
80
70
Kriteria
Menulis 10 kalimat
Menulis 9 kalimat
Menulis 8 kalimat
Menulis 7 kalimat

Rubrik Penilaian Pendataan
Nilai
Sempurna
Amat baik
Baik
Cukup
Kriteria
mendata  lengkap 10 nomor
Mendata 90%
Mendata 80%
Mendata 70%

Rubrik penilaian menggambar dan mengarang
Nilai
Sempurna=100
Amat baik=90
Baik=80
Cukup=70
Kriteria
Menggambar dan menulis ceritanya hingga 7 baris lebih
Menggambar dan menulis ceritanya hingga 6 baris
Menggambar dan menulis ceritanya hingga 4-5 baris
Menggambar dan menulis ceritanya kurang dari 4 baris

Peta Konsep


 Komentar Guru
­    Problem
______________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________
­    Ide baru
______________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________
­    Momen spesial
______________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________
Konsultan,



Herdin Nurdin, S.Ag

Penyusun,



Muh. Anang Nurkholis, S.S

No comments:

Post a Comment

Post a Comment