(RPP)
SMP/MTs | : | ................................ |
Mata Pelajaran | : | Bahasa Indonesia |
Kelas/Semester | : | VII / 2 ( Genap) |
Alokasi Waktu | : | 2 Jam pelajaran (1 x pertemuan)/2x40 menit |
Aspek /Unit | : | Membaca |
Karakter | : | Teliti, kerjasama, menghargai pendapat orang lain, percaya diri, teliti dan cermat |
A. Standar Kompetensi
3. Memahami ragam wana tulis dengan membeca intensif, membaca
ekstensif, dan membaca nyaring
B. Kompetensi Dasar
3.1 Menemukan informasi untuk bahan diskusi melalui membaca
intensif
C. Indikator
1. Siswa mampu memahami isi bacaan
2. Siswa mampu menemukan pokok-pokok informasi yang akan
didiskusikan
D. Tujuan Pembelajaran
Setelah mengikuti pembelajaran standar komptensi ini, siswa diharapkan
- Membaca dengan intensif wacana yang disediakan guru (cermat/teliti)
- Menemukan informasi dalam wacana yang dibaca ( cermat dan teliti)
- Mengidentifikasi pokok-pokok informasi yang ada dalam bacaan sebagai bahan diskusi ( kecepatan dan kesesuaian )
- Mengidentifikasi kosakata sulit yang terdapat dalam bacaan ( keaktivan)
- Menggunakan kosakata sulit dalam berbagai konteks kalimat untuk menemukan makna kata ( keaktivan)
- Menjelaskan ide-ide pokok/ pokok-pokok informasi yang ditemukan
( penuh percaya diri.)
- Mendikusikan pokok-pokok informasi yang ditemukan dari bacaan yang dibaca (Bekerjasama, menghargai pendapat orang lain,
E. Materi Pembelajaran
1. Pengertian membaca, membaca intensif
2. Ide pokok, ide penjelas
3. Kosakata, kosakata khusus, kosakata umum
4. Kecepatan membaca ( ukuran kecepatan membaca)
5. Cara menghitung kecepatan membaca
- Metode Pembelajaran
1. Diskusi
2. Inquiri
3. Tanya jawab
4. Simulasi
5. Observasi /Pengamatan/Penugasan
E. Kegiatan Pembelajaran
No | Kegiatan Pembelajaran | Metode/stratgei | Waktu | Guru atau siswa | Domain | Karakter |
1. | Pendahuluan a. .Berdoa b. Mengecek kehadiran siswa c. Menanyakan kabar siswa – dengan fokus pada mereka yang tidak datang dan/atau yang pada pertemuan sebelumnya tidak datang d. Apersepsi: Kemukakan/ Sebutkan salah satu buku/cerita yang pernah kalaian baca. ( Ricek aktivitas siswa) e. .Guru menginformasikan KD, indikator dan tujuan pembelajaran. | Ceramah | “5 menit | Guru | Kognitif Afeksi Afeksi Afeksi Kognitif | Ketaqwaan Kedisiplinan Kepedulian, empati Motivasi Tanggungjawa b |
2. | Kegiatan inti a. peserta didik dibagi dalam empat kelompok. b. setiap kelompok diberi wacana yang akan dibaca dan ditugasi untuk membaca, mengindentifikasi pokok-pokok informasi, kosakata sulit. c. Setiap kelompok membuat laporan hasil pengamatan. d. Setiap kelompok mempresentasikan di depan kelas hasil pengamatannya berupa informasi pokok/kosakata sulit yang ditemukan dalam teks yang dibaca.dan kelompok lain memberikan tanggapan, sambil menuliskan pertanyaan, tanggapan, dan jawaban e. guru memberikan penguatan tentang materi yang telah didiskusikan. | Penugasan Inquiri Penugasan Simulasi dan Tanya jawab Ceramah | “2 menit “7 menit ’10 menit 40 menit 10 menit | Guru Siswa Siswa Siswa Guru | Psikomotor Psiko/kog Psiko/afeksi Psiko/afaksi Kog/evalausi | Tanggungjawab,kerjasama Kerjasama Tanggungjawab/kekativan/bekerjasama Keaktivan/Tanggungjawab/saling menghargai/Percaya diri Tanggungjawab |
3. | Penutup a. Guru bersama siswa menyimpulkan pelajaran b. Refleksi : Peserta didik mengungkapkan kesan terhadap pentingnya memahami informasi sebelum melakukan sesuatu b.b Guru menginformasikan kepada peserta didik bahwa pertemuan berikutnya mempelajari menulis puisi c Berdoa d.Ke luar kelas atau istrihat dengan tertib pada waktunya | Curah pendapat Pengamatan Arahan. | “5 mernit “ 5menit “3 menit 2 menit | Guru dan siswa Guru Guru siswa | Psiko/afeksi Psiko/kog Afeksi/Psi Psik-/afeksi | Tangungjawab Tanggungjawab/antisipasi Ketaqwaan Ketertiban |
No comments:
Post a Comment