Monday, November 28, 2011

Anak Gemar Ibadah


Merangsang anak untuk gemar ibadah sejak dini merupakan salah satu upaya menanamkan cinta ibadah seawal mungkin. Salah satu contohnya saat mengingatkan untuk sholat, sebaiknya tidak mengingatkan dengan ancaman seperti “Ayo sholat, nanti klo g sholat masuk neraka lho” apa yang akan diingat oleh anak saat mendengarkan adzan bukan Allah-nya, tapi Neraka. Akan lebih baik jika diingatkan “Nak, ayo sholat biar nanti masuk syurga, disana kamu akan mendapatkan semua apa yang kamu tidak punya bahkan diluar dari apa yang kamu bayangkan, semuanya khusus untukmu”, sehingga anak akan lebih termotivasi.
Memberikan pemikiran yang logis juga baik, misalkan saat mengingatkan anak untuk ibadah, “bukan bunda yang nyuruh, tapi yang mempunyai ananda yang memerintahkan, ini lihat ayatnya..” atau mungkin saat mengingatkan anak untuk lebih bersikap sopan dengan orangtua “nak, tidak boleh bilang ‘Ah’ pada orangtua, tapi Allah tidak mempernankan, lihat ayat ini…..”. Mengingatkan anak dengan pemikiran yang logis dengan Al-Qur’an, memperkenal kepada anak siapa pemilik dirinya yang sesungguhnya, mengingatkan bahwa dia ada yang selalu mengawasi, menurut saya itu hal-hal yang sangat bagus untuk pendidikan akhlak anak.

Mengikat anak dengan Al-Qur’an
Begitu kata bu ustadzah, tentunya bukan mengikat secara pengertian harfiah, namun mengikatnya agar tidak melenceng dari ajaran Allah.
Buat calon-calon bunda, termasuk saya, tentunya mulai sekarang kita harus belajar untuk gemar beribadah, tidak hanya bisa saja.. ^^ Memperbaiki diri dan memperbanyak ilmu untuk anak kita nanti… Semangat!
sumber http://lifanurlifa13.wordpress.com dengan sedikit penambahan

No comments:

Post a Comment